Tips Cara Penggunaan Situs Torrent agar lebih Maksimal

  • Coffeeandme
  • Jan 25, 2021
Torrent

Ketika sedang berselancar di internet untuk mencari film gratis, software, atau game seringkali kita mendapati extention “torent” dalam link yang kita download tersebut. Torrent merupakan media yang menggunakan sistem peer to peer. Dengan ini torrent bisa mengndh file yang di hosting secara global menggnakan teknik yang tersebar luas. Situs torrent ini biasa digunakan sebagai alternatif untuk mempercepat proses download ataupun upload.

Dalam memilih situs torrent ada beberapa hal yang dipertimbangkan. Salah satu hal yang paling utama dalam pememilihan situs torrent yang akan digunakan adalah adalah kecepatan download situs tersebut. Semua orang tentunya tidak ingin mennggu lama untuk mendapatkan sebuah film atau file lainya yang ingin mereka dapatkan.

Setiap orang tentuya beropsesi untuk mendapatkan apa yang didinginkanya dengan cepat. Termasuk salah satunya keinginan untuk mendapatkan file tertentu yang diinginkanya. Hal ini selaras dengan hal yang ingin ditawarkan situs torrent yaitu memberikan kecepatan lebih dari situs lainya. Selain itu situs torrent juga bisa memberikan informasi file download yang lebih lengkap.

Meskipun situs torrent banyak digunakan untuk mempercepat proses download, terkadang terjadi kesalahan teknis atapn eror yang memperlambat proses download. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses download via torrent bisa berlangsung dengan maksimal dan hemat waktu.

  1. Menginstal klien Torrent yang ringan

Salah satu klien torrent yang ringan adalah BitCorrent. Namun meskipun demikian saya lebih menyarankan penggunaan uTorrent atau qTorrent karena lebih mudah dan simpel. Penggunaan torrent yang ringan dapat mempercepat laju transfer dan proses download  karena ia lebih fokus.

  1. Memilih seeder deengan rasio yang banyak

Dalam situs torrent terdapat istilah seeder dan leecher. Seeder merpakan istilah yang dignakan untuk menggambarkan orang yang sudah selesai mendownload sebuah file di torrent atau dapat dikatakan memiliki salinan file lengkap untuk dibagikan. Sedangkan leecher adalah orang yang hanya memiliki sebagian file yang akan disemprnakan melalui download.

Agar pengguna situs torrent bisa mendonload lebih cepat maka disarankan untuk memilih seeder dan leecher yang banyak dengan perbandingan seeder yang lebih banyak. Hal ini sangat berpengarh karena dengan sedikitnya leecher tentunya akan memperlancar kita saat mendownload file.

  1. Mengatur jumlah peer

Peer merpakan istilah yang biasa digunakan dalam situs torrent. Secara gampangnya peer adalah para penggna situs torrent baik yang sedang download maupun upload. Untuk mengatur jumlah maksimal peer di uTorrent, klik menu ‘Options > Preference > Bandwith’. Setelah itu tinggal atur ‘Maximum nmber of connected peers per-torrent’.

Dengan mengatur jumlah peer menjadi sedikit otomatis akan mengurangi hambatan kita saat mendownload di situs torrent sehingga proses download akan berlangsng lebih cepat.

  1. Mengubah jumlah koneksi

Perubahan jumlah koneksi ini dilakukan untuk menghindari jumlah muatan yang banyak. Untuk itu pengguna torrent dapat menggunakan angka dasar yang dapat meringankan beban koneksi dan memperlacar proses download. Contoh angka dasar yang bisa digunakan adalah mengatur jumlah koneksi menjadi 150 dan jumlah peer yang terhbng ke torrent menjadi 100. Kemudian untuk sold upload pada konfigurasi setting menjadi defalut.

  1. Membatasi upload rate

Biasanya terdapat setting untuk mengatur besar bandwith yang dinginkan pada aplikasi torrent yang sedang digunakan. Untuk mempercepat proses download pengguna bisa mengatur ke angka terkecil agar sisa bandwith yang masih ada bisa dialokasikan untuk proses download secara penuh agar lebih cepat.