Samsung Galaxy Note 10+ Jagonya Motret Low Light

  • Coffeeandme
  • Jul 14, 2021
Samsung Galaxy Note 10+

Memotret dalam kondisi cahaya minim dengan menggunakan ponsel pintar sering menjadi kendala. Sementara itu, tidak ada kamera pro seperti kamera DSLR yang bisa Anda gunakan. Namun semua kendala bisa diatasi dengan produk ponsel Samsung Galaxy yang terkenal terbaik dari sisi kamera. Terutama dalam hal memotret low light. Berikut kami rangkum dari oppotutorial:

Low Light

Istilah low light mengacu pada sebuah kondisi dimana minim cahaya. Banyak yang menghindari kondisi ini karena membuat sang pembidik obyek kesulitan dalam menerapkan level cahaya dan tingkat ketajaman. Belum lagi jika harus memainkan shutter speed dengan lebih lambat. Anda pasti membutuhkan item penunjang seperti tripod.

Belakangan, istilah low light muncul sebagai tren fotografi yang disambut oleh banyak pengguna ponsel pintar. Karena memotret low light ternyata bisa mengasyikkan. Hal ini pula yang coba dijembatani oleh Samsung Galaxy. Beberapa produk Samsung Galaxy menawarkan kesenangan memotret low light tanpa harus ribet. Salah satunya produk Samsung Galaxy Note 10+.

Depth Vision VGA

Kamera keempat Samsung Galaxy Note 10+ sebetulnya adalah sensor ToF atau time of flight yang biasa kita temui pada kamera DSLR. Samsung menamainya dengan depth vision VGA. Jadi terdengar seperti sensor khusus ponsel pintar, bukan?

Sensor ini sangat mendukung beberapa fitur dalam Samsung Galaxy Note 10+ seperti memindai obyek 3D dalam fitur 3D Scanner, mendukung foto Portrait, mendukung fitur AR Doodle, memberi efek bokeh, dan mendukung proses pemotretan low light.

Syarat Kamera Low Light

Pengambilan foto low light sangat dipengaruhi oleh kualitas lensa kamera. Beberapa syarat kamera untuk memotret low light ada dalam Samsung Galaxy Note 10+:

  1. Samsung Galaxy Note 10+ memiliki aperture atau bukaan f/1.5-2.7. aperture berfungsi untuk mengontrol jumlah cahaya yang tertangkap lensa. Semakin lebar aperture maka tembakan cahaya semakin jernih.
  2. Kamera belakang Samsung Galaxy Note 10+ juga memiliki ToF yang mengalirkan efek ‘dalam’, dramatis, mencari fokus dengan tepat pada pemotretan low light.
  3. Terdapat OIS atau Optical Image Stabilization dan dual-pixel autofocus.

Memotret Low Light

Para pengguna Samsung Galaxy Note 10+ sangat dimudahkan dengan mode foto Pro dan Night Mode. Ketika memotret standar pada siang hari atau tempat dengan level cahaya bagus, Anda hanya perlu menggunakan pengaturan default dengan tap ikon dua pohon yang ada di atas shutter.

Sementara itu, jika level cahaya tidak terlalu minim, Anda bisa langsung berfoto dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 10+ tanpa pengaturan Night Mode. Ketika level cahaya semakin berkurang, Anda bisa mengaktifkan NIGHT MODE dengan cara:

  • Buka aplikasi kamera.
  • Ambil S-Pen, lalu arahkan ke kiri hingga bertemu dengan menu Pro atau Night Mode, Adakalanya, fitur Night Mode tidak perlu diatur sedemikian rupa untuk low light level minim sekali karena ketajaman semua kamera Samsung Galaxy Note 10+ telah dipertimbangkan dengan matang.
  • Tap shutter.
  • Gunakan pula Zoom In dan Zoom Out untuk mendapatkan titik fokus terbaik.

Merekam Video Di Malam Hari

Membuat konten video pada malam hari merupakan hal yang menyenangkan dan cukup menantang. Dimana Anda harus pandai menentukan lokasi, memikirkan angle yang pas, dan apakah tempatnya aman.

Bersama Samsung Galaxy Note 10+, Anda bisa merekam video pada malam hari dengan nyaman. Berikut cara merekam video asyik di malam hari.

  1. Buka aplikasi kamera.
  2. Pilih video.
  3. Aktifkan mode live focus.
  4. Tap shutter dan mulai merekam.
  5. Selesai merekam, Anda bisa mengedit video pada aplikasi bawaan Samsung Galaxy Note 10+ dan menambahkan AR Doodle atau mengedit menggunakan Adobe Premiere Rush.

Selama menggunakan Samsung Galaxy Note 10+, Anda tidak akan menemui kendala berarti untuk memotret low light. Gunakan tripod atau gimbal jika mungkin Anda perlu take berkali-kali saat merekam video. Keseruan apa lagi yang bisa Anda lakukan bersama kamera Samsung Galaxy Note 10+? Beritahu kami ya di kolom komentar.