Bagi sebagian besar pebisnis sekarang ini, jasa pengiriman merupakan sebuah rekan bisnis yang jasanya sangatlah dibutuhkan. Adapun seiring dengan kecanggihan teknologi dan komunikasi yang berkembang beberapa waktu terakhir membuat kegiatan bisnis berkembang.
Kini aktivitas perdagangan tidak hanya terjadi secara konvensional saja, melainkan juga dapat dilakukan secara digital. Beberapa waktu terakhir, perdagangan secara digital oleh masyarakat zaman sekarang lebih diminati dibandingkan dengan perdagangan konvensional.
Alasannya selain dapat memperoleh barang yang tidak ditemukan di wilayahnya, berbelanja melalui digital juga semakin mudah untuk dilakukan. Hal ini tidak lain karena adanya dukungan dari jasa pengiriman yang menjadi urat nadi perdagangan antar wilayah.
Ya, jasa pengiriman telah jadi bagian yang penting guna mengantarkan suatu produk dari produsen sampai kepada konsumen dengan aman dan sesuai. Nah, bagi sebagian pebisnis yang mulai bergerak di perdagangan digital, agaknya perlu mengetahui istilah pengiriman.
Hal tersebut tujuannya agar memudahkan proses pengiriman barang ke konsumen nantinya. Maka di artikel ini secara khusus memberikan informasi lebih jauh seputar jasa pengiriman berupa jasa logistik dan freight forwarding yang nantinya menjadi informasi tambahan.
Perbedaan Antara Jasa Logistik dan Freight Forwarding
Dalam layanan jasa pengiriman, terdapat beberapa macam pelayanan pengiriman, mari mengenal perbedaan jasa pengiriman logsitik dan freight forwading. Kedua jenis layanan ini memang masih cukup asing di telinga kebanyakan masyarakat.
Padahal kedua jenis layanan pengiriman ini cukup banyak dipergunakan untuk layanan pengiriman barang dari satu wilayah ke wilayah lain dengan mudah dan cepat. Berikut perbedaan antara jasa logistik dan freight forwarding.
Jasa Logistik
Jasa logistik atau yang kerap juga disebut dengan jasa ekspedisi merupakan suatu layanan jasa pengiriman dari sebuah perusahaan yang berfokus pada barang yang jumlahnya kecil. Adapun tarif sendiri ditentukan dari volume dan berat barang yang akan dikirim.
Selain volume, jarak yang ditempuh yang ditempuh juga menjadi pertimbangan penentuan tarif yang dibebankan kepada pengirim. Biasanya semakin jauh tujuan dan barang yang dikirim semakin berat maka biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.
Adapun meski berpatokan pada berat barang, namun di beberapa layanan jasa pengiriman tidak terlalu menekankan berat yang telah ditentukan. Biasanya barang dengan berat yang hampir mencukupi juga dapat diterima untuk nantinya dikirim lewat layanan ekspedisi.
Pada pendistribusian barang pada layanan logistik sendiri dapat melalui darat, laut maupun udara. Ketiga layanan tersebut digunakan berdasarkan dari tujuan barang yang nantinya akan dituju. Jangkauannya sendiri dapat secara nasional yakni antar wilayah maupun antar pulau.
Bahkan dapat pula secara internasional, yakni antar negara, atau bahkan antar benua. Layanan jasa logistik akan menempatkan kantor cabang yang beroperasi di setiap wilayah jangkauan dari distribusi barang.
Freight Forwarding
Layanan jasa freight forwarding sering identik dengan kegiatan pengiriman yang dilakukan antar negara melalui kegiatan impor dan ekspor. Ya, layanan ini memang dikenal masyarakat sebagai layanan yang berkaitan dengan tujuan luar negeri lewat kegiatan impor dan ekspor.
Dalam pengertiannya, freight forwarding merupakan suatu jasa pengangkutan barang yang mana tujuannya dari satu tempat ke tempat lain. Dalam layanannya, freight forwarding yakni proses pengiriman dilakukan mulai dari mengepak, menyimpan dan mengirimkan barang.
Freight forwarding bertugas sebagai perantara yang menghubungkan antara produsen barang dengan jasa pengiriman yang nantinya mengirimkan barang kepada jasa pengiriman yang mempunyai peran dalam pengiriman.
Layanan freight forwarding sendiri punya harga yang murah dengan rute yang cenderung lebih ekonomis dan juga lebih cepat. Disesuaikan dengan kebutuhan dan barangnya.
Demikian informasi dari admin berkaitan dengan perbedaan jasa logistik dan freight forwarding yang mana keduanya memiliki layanan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman.