Kalian pastinya bertanya-tanya tentang kenapa suatu bisnis itu membutuhkan adanya strategi social media marketing, apa saja manfaat untuk bisnis UKM dan juga bagaimana cara untuk menerapkannya, untuk menjawab semua pertanyaan kalian tersebut simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Masalah terbatasnya sebuah anggaran yang biasa terjadi pada suatu UKM itu akan membuat bisnis yang satu ini akan lebih berhati-hati lagi dalam hal memilih sebuah strategi pemasaran yang nantinya akan digunakan. Karena memang jumlah dari anggaran tersebut mengharuskan kalian untuk bisa membelanjakannya secara bijak, sesuai dengan kebutuhan, tetapi kalian harus bisa mendapatkan hasil yang bisa dibilang maksimal.
Social media marketing sendiri merupakan salah satu jenis strategi yang cukup efektif dan juga fleksibel untuk bisa digunakan oleh UKM. Social media marketing juga termasuk upaya untuk bisa menciptakan sebuah konten promosi di banyak sekali platform media sosial, seperti misalnya Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan masih banyak lagi.
Media sosial sendiri sudah dianggap menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk bisa membantu meningkatkan adanya konversi penjualan. Bahkan juga dikatakan jika apa pun layanan dan juga produk yang akan ditawarkan kepada para konsumen, media sosial merupakan bagian yang utama dari banyaknya setiap inisiatif pemasaran digital yang bisa dibuat.
Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa alasan tentang mengapa UKM harus mencoba menggunakan socialmediamarketer.
Mudah Berinteraksi dengan Konsumen
Biasanya para pengguna media sosial akan mengakses akun milik mereka untuk mencari sebuah informasi terbaru dan juga hiburan. Mereka ini merupakan para pihak yang bisa dibilang kurang reseptif jika terkena paparan iklan secara langsung, tetapi bukan berarti kalian tidak bisa untuk memasarkannya kepada mereka. Justru media sosial ini menjadi sebuah tempat di mana nantinya para konsumen akan jauh lebih mudah untuk menerima pesanan produk mereka.
Alasan tentang mengapa para konsumen lebih bisa menerima sebuah pesanan pemasaran yang ada di media sosial itu karena memang media sosial ini akan memungkinkan kalian untuk menjadi lebih banyak lagi berinteraksi dan juga memasarkan merek dari suatu sisi yang pastinya berbeda.
Konsumen Beraktivitas di Media Sosial
Saat ini masyarakat digital sudah hampir semua memiliki akun media sosial mulai dari Instagram, Twitter, Facebook dan media yang lainnya. Digital Around The World 2019 menurutnya, di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 150 juta orang lebih yang menggunakan media sosial dari total penduduknya yaitu sekitar 268 juta.
Setidaknya mereka akan bisa menghabiskan waktu per harinya itu sekitar 3 jam 26 menit untuk mengakses media sosial guna memenuhi tujuan mereka. Menurut sebuah data statistik di dunia penggunaan media sosial sendiri akan bisa mencapai angka sekitar 3,1 miliar pada tahun 2021 lalu, dan hal inilah yang menjadi salah satu kenapa para UKM harus bisa mencoba memasarkan produk milik mereka lewat media sosial. Yaitu karena memang para konsumen lebih banyak menghabiskan waktu mereka di media sosial.
Wadah untuk Word – Of – Mounth Terluas
Word – Of – Mounth sendiri merupakan salah satu media untuk pemasaran yang cukup ampun untuk jenis bisnis apa pun dan termasuk juga dengan UKM. Bukan hanya gratis saja, akan tetapi juga akan sangat membantu kalian untuk membangun sebuah kepercayaan dengan begitu efektif.