Apa Itu Parafrase?

  • Coffeeandme
  • Dec 16, 2021

Parafrase adalah kegiatan merumuskan ide orang lain dengan kata-kata Anda sendiri. Untuk melakukan parafrase pada sebuah sumber, Anda harus menulis ulang sebuah bagian tanpa mengubah arti dari teks aslinya.

Parafrase online merupakan sebuah alternatif untuk mengutip, di mana Anda menyalin kata-kata persis dari orang lain dan memasukkannya ke dalam tanda kutip. Dalam penulisan akademik, biasanya lebih baik parafrase daripada mengutip, karena itu menunjukkan bahwa Anda telah memahami sumbernya dan membuat karya Anda lebih orisinal.

Setiap kali Anda melakukan parafrase, penting untuk mengutip sumbernya. Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menggunakan kata-kata yang terlalu mirip dengan aslinya. Ingat parafrase adalah versi lain mengutip dan bukan plagiat. Jika tidak berhati-hati melakukan parafrase, Anda berisiko melakukan plagiarisme.

Tips Melakukan Parafrase

Lima langkah untuk melakukan parafrase mungkin tampak mudah, tetapi menulis ide dengan cara yang berbeda dari versi yang diterbitkan bisa jadi sulit. Ini adalah empat trik yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda melakukannya.

1. Mulailah kalimat pertama Anda pada titik yang berbeda dari sumber aslinya

2. Gunakan sinonim (kata-kata yang artinya sama)

3. Mengubah struktur kalimat (misalnya dari kalimat aktif ke kalimat pasif)

4. Pecah informasi menjadi kalimat terpisah

Beda Parafrase dengan Mengutip

Tadi sempat diulas jika parafrase adalah versi lain mengutip. Jika Anda menyelesaikan penelitian menyeluruh dan mencatat sumber yang Anda baca, Anda secara alami akan memparafrasekan sebagian besar informasi penting yang Anda temukan daripada menggunakan kutipan langsung. Dalam membuat karya tulis, ada baiknya untuk membatasi jumlah kutipan langsung dalam makalah Anda karena:

• Parafrase menunjukkan bahwa Anda memahami dengan jelas arti dari sebuah teks

• Suara Anda sendiri akan tetap dominan di seluruh makalah Anda

• Kutipan mengurangi keterbacaan teks Anda

Beda Parafrase dengan Ringkasan

Makna lain Parafrase adalah penulisan ulang bagian tertentu dari orang lain, sehingga panjangnya kira-kira sama dengan kutipan asli sumbernya.

Ketika Anda sepenuhnya atau sebagian menggambarkan hasil dari bagian yang lebih substansial dari penelitian, itu disebut ringkasan.

Ada perbedaan yang jelas antara parafrase dan ringkasan. Namun, secara umum (seperti yang terjadi di banyak universitas), keduanya sering disebut sebagai parafrase.

Menghindari Plagiarisme

Parafrase adalah plagiarisme jika Anda salah menerapkannya. Anda harus berhati-hati untuk menghindari plagiarisme yang tidak disengaja.

Hal ini dapat terjadi jika parafrase terlalu mirip dengan kutipan aslinya, dengan frasa atau seluruh kalimat yang identik (dan karenanya harus dalam tanda kutip). Itu juga bisa terjadi jika Anda gagal mengutip sumber parafrase dengan benar.

Untuk memastikan Anda telah melakukan parafrase dan mengutip semua sumber Anda dengan benar, Anda dapat memilih untuk menjalankan pemeriksaan plagiarisme sebelum mengirimkan makalah Anda.

Sudah pahamkan makna parafrase? Parafrase adalah aktivitas menuangkan ide Anda dengan cara Anda sendiri berdasarkan pemahaman ide-ide orang lain. Siap lakukan parafrase?