6 Tips Masak Ikan Bakar Agar Bumbu Meresap ke Dalam Daging, Rasa 100% Lebih Lezat

  • Coffeeandme
  • Dec 15, 2023
Tips Masak Ikan Bakar

Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan ikan bakar. Ikan bakar menjadi salah satu olahan ikan yang menjadi favorit di rumah, disajikan bersama sambal. Apalagi ada berbagai jenis ikan seperti ikan tawar maupun laut yang memiliki rasa yang sangat lezat.

Namun sayangnya ikan bakar ini kadang ketika dimasak, sering sekali bumbunya tidak meresap. Salah satu kunci agar bumbu bisa meresap tentunya perlu dibersihkan dulu kemudian dimarinasi.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadi kunci agar bumbu pada ikan bakar bisa meresap. Berikut adalah beberapa tips masak ikan bakar agar bumbu bisa meresap ke dalam daging.

  • Pilih Ikan yang Segar

Ada banyak jenis ikan yang bisa dibuat menjadi ikan bakar. Namun, pastikan untuk memilih jenis ikan yang segar dengan ciri-ciri seperti sisik ikan masih melekat pada badannya. Perhatikan juga sisik ikan, pilih yang warna sisiknya masih mengilap.

Selain itu, mata ikan cerah dan bening. Jika daging ikan ditekan, terasa masih elastis atau liat. Perhatikan juga baunya, ikan segar memiliki bau tidak busuk dan tidak berlendir.

  • Bersihkan Ikan dengan Benar

Langkah selanjutnya sebelum memasak ikan adalah membersihkannya dengan benar. Cara ini sangat penting untuk dilakukan.

Ikan yang dibeli dari pasar atau supermarket harus dibersihkan agar semua bumbunya bisa meresap. Bersihkan isi perut ikan dan buang sisikanya. Cuci bersih dan buang sisik ikan dengan air mengalir hingga kotorannya hilang sempurna.

Pastikan lendir yang menempel pada badan ikan hilang. Pasalnya, lendir tersebut bisa mengganggu kelezatan ikan bakar. Lendir ini akan menimbulkan aroma amis pada ikan meskipun sudah dibakar.

  • Rendam dengan Air Asam

Sebelum dibumbui, coba rendam ikan di air asam terlebih dulu. Bisa memakai air perasan jeruk nipis ataupun lemon.  Proses perendaman ini membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, merendam ikan di air asam juga dapat membuat hasil bakarannya lebih kenyal dan mengilat. Durasi perendamannya yakni sekitar 15 menit. Kemudian, bilas ikan, lalu olesi dengan minyak sayur atau tidak lengket saat dibakar.

  • Marinasi Ikan Selama 45-60 Menit

Untuk bumbu marinasi, haluskan bawang putih, ketumbar, dan kunyit. Oleskan pada ikan dan biarkan bumbu meresap selama beberapa menit. Kamu juga bisa memilih bumbu kecap dan minyak bawang, atau bumbu lain sesuai selera.

Tahapan ini tidak boleh dilewatkan agar bumbu meresap sempurna pada ikan. Proses marinasi dapat dilakukan hingga 45-60 menit. Akan lebih bagus jika didiamkan lebih lama.

  • Bakar Ikan Menggunakan Arang

Ketika arang terbakar, maka akan menghasilkan panas tinggi dan mengeluarkan asap yang khas. Asap inilah yang memberikan cita rasa unik pada ikan bakar.

Arang juga membantu mempertahankan kelembapan ikan saat proses pemanggangan. Panas yang dihasilkan secara merata oleh arang akan membantu daging ikan matang dengan sempurna dan meresapkan bumbu ke dalamnya.

Penting untuk dicatat, dalam menggunakan arang, perlu memastikannya sudah cukup panas dan terbakar dengan baik sebelum meletakkan ikan di atasnya. Hal ini penting agar ikan matang secara merata dan tidak terlalu lama di atas api.

  • Terus Lumuri Bumbu saat Membakar Ikan

Bakar ikan menggunakan alat bakaran. Apabila tidak punya alat untuk membakar ikan, bisa juga memanggang ikan dengan teflon yang sudah dialasi daun pisang agar aromanya lebih harum dan tidak mudah lengket.

Caranya, taruh dua lembar daun pisang di atas teflon dan letakkan ikan di atasnya. Sembari membakar ikan di atas teflon yang dialasi daun pisang, jangan lupa untuk terus olesi dengan sisa bumbu rendaman agar rasa ikan bakarnya semakin nikmat.