5 Aneka Kue Kering Modern untuk Lebaran

  • Coffeeandme
  • Mar 28, 2022
Aneka Kue Kering Modern untuk Lebaran

Minggu terakhir dalam bulan ramadhan membuat umat islam sibuk untuk meningkatkan ibadah dan aktivitas sehari-hari mereka. Satu di antaranya adalah membuat kue kering.

Kue kering memang identik dengan hari lebaran dan kerap ditata rapi di meja ruang tamu sebagai suguhan bagi siapa saja yang berkunjung.

Bagi sebagian orang menyiapkan kue kering paling praktis adalah membeli di toko. Namun, bagi sebagian yang lain membuatnya sendiri di rumah.

Alasannya adalah bisa karena sudah budaya keluarga atau menghemat biaya agar menghasilkan kue kering dalam jumlah banyak namun terjangkau.

Semua orang memang punya pilihannya masing-masing. Kali ini kita akan mengulas apa saja aneka kue kering yang modern dan cocok untuk dihidangkan saat lebaran.

Kue Nastar

Siapa sih yang tak kenal kue nastar? Pada versi klasiknya berbentuk bulat dengan permukaan yang mengkilap dan diberi isian selai keju. Versi originalnya ini bisa kamu temukan di resep nastar satu ini.

Namun, kita membahas mengenai kuker yang modern. Berkembangnya jaman maka bentuk dan variasi kue nastar semakin bertambah.

Misalnya adalah menggunakan bahan adonan dari coklat lalu mengubah isian berupa keju parut. Bentuk dan ukurannya pun bisa dikreasikan sesuai selera masing-masing.

Putri Salju

Kalau dilihat dari namanya sudah pasti ini masuk dalam jajaran kue kering yang sudah ada sejak jaman dulu.

Pada versi originalnya sebenarnya masih relevan di masa sekarang. Bentuknya menarik menyerupai bulan sabit dan diberi taburan gula halus sehingga menghasilkan sensasi legit ketika digigit.

Kamu bisa berinovasi pada kue putri salju misal menambah bahan seperti coklat, keju maupun kacang agar semakin disukai oleh anak-anak.

Alih-alih bentuk mainstream, kamu bisa kreasikan dengan bentuk lain sesuai dengan cetakan yang kamu punya di rumah.

Kastengel

Kue satu ini menjadi favorit beberapa orang karena teksturnya yang renyah dan bercita rasa gurih serta tidak membuat bosan.

Kalau versi umumnya kue kastengel berbentuk pipih dan kecil yang hanya bisa dinikmati dalam satu gigitan saja, kamu bisa membuat kue ini dengan ukuran lebih besar.

Tak perlu cetakan karena cukup memotong adonan dengan pisau sebelum dimasukkan ke dalam oven. Mau coba mengubah topping keju dengan bahan yang lain? Tidak masalah kok!

Lidah Kucing

Kue yang tak kalah renyah dan gurih dibanding kue yang sudah disebutkan di atas. Bentuknya pipih dan lebar menyerupai lidah dari kucing.

Pada versi klasik cuma berwarna kekuningan dan aroma butter yang kuat. Namun, kamu bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan sehingga menghasilkan lidah kucing rainbow.

Mau lebih menarik lagi? Kamu bisa menyisipkan red velvet maupun greentea dalam kue kering satu ini.

Hal yang perlu diperhatikan adalah suhu oven ketika memanggang lidah kucing. Jangan terlalu panas karena akan membuat kue ini mudah hancur.

Kue Kacang

Kamu pasti ingat memori di rumah nenek ketika hari raya idul fitri pasti menyajikan kue kacang di dalam toples di tas meja ruang tamu.

Di sini kamu bisa mengkreasikan kue jadul ini menjadi lebih modern dan kekinian. Misalnya mengubah bentuk cetakan maupun mengganti kacang tanah dengan jenis kacang lain.

Itulah beberapa ide kue kering yang dibuat lebih modern untuk melengkapi momen lebaran bersama keluarga serta kerabat. Selamat mencoba!